Alhamdulillah

Kejadian ini merupakan kisah nyata pada hari Sabtu, 13 Desember 2008. Aku tertegun melihat pengumuman nilai TAS (Tes Akhir Semester) di NF Ciledug yang terletak di depan pintu masuk komplek Puri Kartika. Sesaat aku tertegun, seakan tidak percaya aku dapat melakukan hal ini. Sedetik kemudian aku tersenyum simpul, melihat namaku, Laksmana Hanif Nugroho, menghuni peringkat 8 NF dari seluruh siswa-siswi yang ada di NF. Subhanallah, maha suci Allah. Semoga hal ini tidak membuatku tinggi hati dan terlena sehingga lupa akan kewajibanku sebagai seorang pelajar, sebagai seorang manusia, dan sebagai seorang muslim.

Kewajibanku sebagai seorang pelajar adalah belajar. Dia tidak boleh berpuas diri dengan apa yang dia gapai, karena ilmu itu terlalu luas untuk disombongkan, dan jika ilmu itu digali maka sampai hari kiamat nanti pun ilmu itu tak akan habis karena saking luasnya ilmu tersebut.

Kewajibanku sebagai seorang manusia adalah saling menghormati. Jika aku sombong hanya dikarenakan hal ini, maka aku tidak menghormati orang lain dan menganggap remeh orang lain di sekelilingku. Akibatnya, aku dapat diisolasikan dari teman-temanku. Lagipula, hal seperti ini merupakan hal yang tidak dapat kusombongkan.

Kewajibanku sebagai seorang muslim adalah menyembah Allah swt, dan mematuhi segala perintahnya dan menjauhi diri dari segala larangannya. Jika aku sombong, itu berarti secara tidak langsung aku melanggar perintahnya yang telah jelas tertulis di kitab suci umat muslim, Al-Qur’anul Karim. Dimana kitab itu langsung diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Muhammad saw secara bertahap. Yang demikian itu adalah untuk memudahkan mereka (orang zaman dahulu) untuk menghafalnya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s