Dzikir Akbar

Masih dari kejadian pada tanggal 31 Desember 2008, setelah aku mengikuti pembinaan ROHIS di LPMP, malamnya aku mengikuti Dzikir Akbar yang diadakan di Masjid Al-Wasilah yang berada di dekat rumahku. Pengisinya adalah tim dari Ustadz Arifin Ilham. Padahal, pada awalnya aku berharap bisa bertemu lagi dengan Ustadz kondang tersebut. Terakhir kali aku bertemu dengannya adalah pada saat Dzikir Akbar yang digelar pada awal semester 1 tahun 2008. Kali ini, pada kesempatan tersebut aku bertemu dengan timnya. Wajahnya tidak asing bagiku. Waktu Dzikir Akbar di SMA N 47 Jakarta memang mereka ikut hadir di panggung.

Acara dimulai jam 20.15, melenceng 30 menit dari jadwal seharusnya. Seperti biasa, penyakit yang diderita beberapa (ribu) bangsa Indonesia 2, Telat. Acara dimulai dengan salam, dilanjutkan dengan Tilawatil-Qur’an dan sambutan seperti biasa. Lalu, dilanjutkan dengan Dzikir yang diawali dengan penjabaran maksud dari kata ‘Dzikir’, lalu dilanjutkan dengan muhasabah bersama-sama. Dari penilaianku secara subjektif, Dzikir kali ini tidak jauh berbeda dengan Dzikir yang dilakukan di SMA N 47 Jakarta pada waktu itu. Tapi jelas, ini adalah yang pertama kalinya bagi warga Puri Kartika yang kedatangan pengisi acara yang merupakan “Tim” dari seorang Ustadz yang sudah kondang tersebut. Buktinya, pada waktu hari itu Muslim yang datang diperkirakan dapat memenuhi 4 saf, begitu pula Muslimahnya. Tapi, pada hari ini saat saya melihat ke Masjid Al-Wasilah kembali, saya kecewa karena Muslim yang shalat Isya berjamaah hanya terdiri dari kurang lebih dua saf. Dan muslimah yang kulihat hanya sedikit, tidak sampai satu saf. Tapi saya tidak ingin berburuk sangka terhadap mereka, siapa tahu para Muslim sedang pergi untuk mengutuk Israel atas serangannya terhadap Palestina dan siapa tahu beberapa orang Muslimah ikut melakukannya dan Muslimah yang lainnya shalat di rumahnya masing-masing. Karena memang sebenarnya Muslimah lebih baik shalat di rumahnya sendiri, Muslim-lah yang sebaiknya shalat di Masjid secara berjamaah.

Sekian dulu dari saya untuk hari ini. InsyaAllah kalau ada kesempatan saya akan melanjutkan mengetik tulisan di Blog ini.

Wabil Taufiq wal Hidayah
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan

