Rahasia Bersyukur

Rasulullah saw pernah bercerita :

Pada masa Bani Israil hiduplah tiga orang sahabat akrab. Orang yang pertama menderita sopak (lepra), orang yang kedua gundul dan orang yang ketiga buta. Suatu hari, Allah swt brmaksud menguji ketiganya. Dia mengutus seorang malaikat untuk menemui mereka.

Yang pertama kali dikunjungi adalah si sopak. Malaikat berkata, “Hai fulan, apa yang kau inginkan saat ini?”. Dia pun menjawab, “Wahai Syekh, yang aku inginkan hanyalah sembuhnya penyakit sopak ini. Aku tidak kuat dngan celaan dan cercaan orang-orang. Gantilah kulit berpenyakit ini dengan kulit bersih dan berwarna indah.” Lalu malaikat itu mengusap kulitnya dan dengan izin Allah swt, seketika penyakit kulitnya sembuh dan menjadi kulit yang bersih dan indah. Lalu, sang malaikat bertanya lagi, “Sekarang, kekayaan apa yang kau inginkan?”. “Berilah aku seekor unta.” Lalu diberilah dia seekor unta yang sedang hamil.

Yang berikutnya dikunjungi adalah si gundul. Malaikat berkata, “Hai fulan, apa yang kau inginkan saat ini?”. Dia pun menjawab, “Wahai Syekh, yang aku inginkan hanyalah rambut yang lebat dan indah. Aku tidak kuat dngan celaan dan cercaan orang-orang terhadap kepalaku yang gundul ini.” pinta si gundul memelas. Lalu malaikat itu mengusap kepalanya dan dengan izin Allah swt, seketika tumbuhlah rambut yang tebal dan indah. Lalu, sang malaikat bertanya lagi, “Sekarang, kekayaan apa yang kau inginkan?”. “Berilah aku seekor sapi.” Lalu diberilah dia seekor sapi yang sedang hamil.

Yang terakhir kali dikunjungi adalah si buta. Malaikat berkata, “Hai fulan, apa yang kau inginkan saat ini?”. Dia pun menjawab, “Wahai Syekh, yang aku inginkan hanyalah sembuhnya penglihatan layaknya penglihatan manusia pada umumnya dan berilah aku seekor kambing.” Maka diusaplah kedua mata orang itu dan dengan izin Allah swt pula orang tersebut bisa melihat kembali. Lalu diberilah dia seekor kambing yang sedang hamil.

Hewan-hewan yang diberikan kepada mereka sangat cepat beranak pinak, sampai akhirnya mereka menjadi kaya raya. Lalu, suatu hari malaikat itu diutus lagi untuk menguji mereka bertiga. Kali ini, sang malaikat diutus dalam wujud seorang laki-laki tua yang kurus, miskin dan penyakitan.

Ia mendatangi si sopak sambil berkata, “Kasihanilah aku, Tuan. Aku seorang tua yang miskin dan tidak punya apa-apa, sementara perjalananku masih jauh. Dengan nama Allah swt yang telah memberikan tuan kulit yang bagus nan indah dan harta yang berlimpah, berilah aku bekal apa adanya agar aku sampai di tempat tujuan.” Si sopak pun menjawab, “Maaf, aku juga banyak kebutuhan lain.”
“Rasanya aku mengenalmu, bukankah engkau adalah orang yang dulunya berpenyakit sopak, lalu Allah swt sembuhkan dan berikan harta yang melimpah?” Dengan nada marah si sopak pun menjawab, “Enak saja! Hartaku ini melimpah karena warisan dari leluhurku. Pergi dan jangan pernah kesini lagi! Aku tidak akan pernah memberimu apapun.”

Lalu, malaikat itu pergi mengunjungi si gundul. Akan tetapi, si gundul itu menghardiknya dan tidak memberikan apa-apa padanya sebagaimana si sopak. Lalu akhirnya malaikat itu pun mengunjungi si buta.

Ketika malaikat yang menyamar menjadi lelaki tua itu mengeluh, si buta berkata, “Ambillah apa pun yang kau butuhkan dan kau inginkan, karena sesungguhnya dahulu aku seorang yang miskin dan buta, lalu Allah swt mengembalikan penglihatanku dan memberiku rezeki yang berlimpah. Aku tidak punya alasan untuk menghalangimu mengambil apapun dariku.”

Lelaki tua itu lantas berkata, “Tidak usah, sesungguhnya aku diutus hanyalah untuk menguji kalian bertiga. Allah swt meridhaimu dan membenci kedua temanmu.”
(Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim, Abu Hurairah ra)

Dari Hadits diatas dapat kita lihat hebatnya syukur.
Sekarang, pertanyaan untuk kita adalah “Sudahkah kita bersyukur atas apa yang Allah swt berikan kepada kita hari ini?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s