Ja’far Ath-Thayyar

Ja’far ath-Thayyar selama hidupnya tidak pernah berdusta, ia selalu jujur. Oleh sebab itu, ketika ia meninggal Allah menjadikan dua sayap hijau yang dilapisi dengan intan permata. Ia terbang bersama malaikat.

Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam kemudian bertanya pada suatu hari, “Wahai Ja’far ath-Thayyar, wahai anaknya Abi Thalib, dengan amal apa kamu mencapai kemuliaan ini?”

Ia menjawab, “Aku tidak tahu, kecuali aku melarang diriku dari tiga hal ketika kafir dan Islam.”

Nabi bertanya, “Apa itu?”

Ia menjawab, “Aku tidak berbohong, aku tidak melakukan zina, dan aku tidak mabuk ketika kafir dan Islam”

Nabi bersabda, “Itu haram dalam Islam, dan dengan makna apa kamu melarangnya dalam keadaan kafir?”

Ia menjawab, “Aku berpikir dalam masalah ucapan bahwa orang yang berdusta akan disangka jelek di antara manusia dan ia malu, maka aku melarang diriku melakukan dusta. Dan aku berpikir dalam masalah zina bahwa barangsiapa berzina dengan istriku, anak perempuanku, atau dengan saudara perempuanku, maka ia akan menjadi aib bagiku, karenanya aku melarang. Sedangkan larangan dalam masalah mabuk, aku melihat semua manusia menginginkan agar akalnya melebihi orang-orang yang pintar, maka barangsiapa yang minum dan mabuk hilanglah akalnya dan dia akan sibuk mengigau, manusia akan menertawakannya, karena itu aku melarang diriku minum.”

Kemudian, datanglah Jibril alaihissalam dan ia berkata, “Benar Ja’far, Allah menjadikan kepadanya dua sayap sebab larangannya dari tiga hal ini.”

*************************************************************
Sumber : Asmani, Jamal Ma’mur.Beginikah Rasanya 7 Malam Pertama Di Alam Kubur?.2009.Yogyakarta : DIVA Press

Tinggalkan Balasan

