Kepuasan

Senin yang lalu merupakan hari yang kacau tapi menyenangkan, pertamakalinya presentasi jam 10 dan baru mulai membuat slide presentasi pada pukul 10.20, hahaha, pertamakalinya setelat ini selama nugas. Bukan karena tidak punya niat untuk mengerjakan presentasinya, tapi karena sampai saat yang ditentukan pun hal yang harusnya dipresentasikan pun memang belum beres. Ini satu-satunya mata kuliah dari S2 yang kuambil karena ada hubungannya dengan Tugas Akhir yang akan kukerjakan dan tidak ada mata kuliah yang mengakomodir ilmu ini dalam kurikulum S1 di program studiku, dan kelihatannya aku tidak berminat untuk mengambil mata kuliah S2 lain selama masa S1 ini. Tapi ini juga merupakan presentasi pertama yang membuatku puas, atas segala hal yang telah dilakukan selama mata kuliah ini.

SCADA, Supervisory Control And Data Aquisition, mata kuliah yang mendalami metode komunikasi data dari file yang berbeda. Mata kuliah ini berfokus pada OLE (Object Linking & Embedding) yang telah dijelaskan pada postingan terkait scada. Tugas besar yang harus dilaksanakan adalah untuk mengkomunikasikan data dengan web hmi (human-machine interface berbasis jaringan web) menggunakan salah satu software industri bernama Genesis64 dari iconics.

Salah satu hal yang menyebabkan kenapa perlu waktu lama untuk mempersiapkan presentasi adalah minimnya info terkait software tersebut di dunia maya. Dan, sebagai google engineer, kekurangan ini sangat memperlama waktu. Terpaksa harus melihat manual dan mencari hal-hal yang ingin kami lakukan di manual tersebut lebih sulit dibandingkan dengan mencari orang yang punya pengalaman serupa dan telah menyelesaikan masalahnya. Dunia maya memang tempatnya masalah ya, dari sekedar curhatan galau di media sosial sampai perdebatan sengit (dan kolot) di beberapa situs yang mengangkat tema suku, agama, ras, kesetaraan gender, klub sepakbola, dan isu-isu kontroversial semacam itu. Dan karena dunia maya itu tempatnya masalah, kenapa tidak menaruh solusinya disini juga? Beberapa solusi, meski bukan solusi yang wah atau sangat out of the box, tetap akan sangat membantu kok, terutama bagi orang-orang yang tidak punya pengalaman di masalah terkait, cobalah menulis dan mendokumentasikan solusi yang pernah dibuat🙂

Oke, meskipun solusinya sulit dicari, harus diakui kejadian itu justru memperbanyak pelajaran yang dapat diambil. Diawali dengan berkunjung ke kantor senior untuk meminjam kunci lab, berakhir dengan mengerjakan tugas secara mandiri disana karena beberapa informasi dan wejangan dari para senior. Dan entah kenapa, ada kepuasan tersendiri saat sebuah hal yang diawali dengan ketidaktahuan, bertemu dengan momen “oh, begitu caranya” setelah melalui berbagai proses yang dapat menjatuhkan semangat dan membuat putus asa.

Jadi ingat film sekolah rimba, terkait seharusnya pendidikan itu mempersiapkan anak didiknya untuk beradaptasi dan menghadapi dunia nyata. Jika masalah yang dihadapi sudah umum, mencari solusi dari orang lain merupakan hal yang wajar, namun jika masalah yang dihadapi tidak umum? Waktunya menggunakan semua pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki untuk menghasilkan solusi. Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan hambaNya kan?

Dan sekarang masih berniat untuk menyempurnakan tugas itu sebelum mengumpulkan laporannya, baru mulai memahami serunya mata kuliah itu dimana sih. Agak terlambat memang, semester sudah berakhir, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan? Lagipula, lebih baik belajar sekarang sebelum dihadapkan ke dunia nyata kan?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s