Langkah dan Tips Belajar Ice Skating

Akhir-akhir ini makin banyak arena ice skating di mall di dalam negeri. Dan setelah kemarin mencoba bermain ice skating bersama adik, ternyata tidak terlalu mudah. Sayangnya agak sulit untuk menemukan artikel terkait langkah dan tips dalam mempelajari cara bermain ice skating ini. Jadi artikel ini akan mencoba membahas tips yang mungkin dapat membantu belajar ice skating dengan baik, dengan merujuk pada http://www.wikihow.com/Ice-Skate (semua gambar berikut kuambil dari web ini) dan http://figureskating.about.com/od/getstartedfigureskating/tp/beginninglesson.htm sebagai dua alamat web yang kujadikan acuan belajar kemarin. Berikut langkah dan tipsnya:

Sebelum Mulai Belajar:

1. Pakailah pakaian yang nyaman. Karena ice skating akan lebih mudah untuk dilakukan seat baju yang dikenakan memudahkanmu untuk bergerak, tidak menyulitkan atau berat jika basah dan menghangatkan di dalam arena skating. Karena itu, jeans yang agar kaku dan menyulitkan untuk bergerak tidak dianjurkan. Jaket, sarung tangan dan topi atau kupluk dapat digunakan untuk menjaga kehangatan.

670px-Ice-Skate-Step-1

2. Untuk pemula, sepatu skate yang dipinjam dari rental mungkin sudah mencukupi, tapi jika ingin belajar lebih lanjut carilah sepatu skate yang nyaman untuk dipakai. Setidaknya mengingat pembelajaran membutuhkan pengulangan terus menerus, sepatu rental yang mungkin kurang nyaman mungkin akan menyusahkan saat belajar, apalagi jika perlu menggunakan sepatu yang sama berkali-kali.

3. Pastikan tali skate telah terikat dengan baik saat masuk ke dalam ring ice skating, karena agak sulit untuk mengikatkannya kembali di tengah ring bagi orang yang belum biasa. Dan mungkin juga agak berbahaya jika arena untuk ice skating tersebut dipenuhi dengan sesama pemula, setiap tubrukan dapat menimbulkan kepanikan.

4. Pengalaman bermain roller skates akan sangat membantu, mengingat ice skating dan roller skating merupakan hal yang sama, hanya berbeda dalam tempat dimainkannya.

5. Cobalah melakukan squat, tidak usah sampai loncat, ini bukan squat jump yang sering menjadi hukuman terlambat masuk sekolah. Squat dapat membantu melatih keseimbangan yang akan diperlukan dalam ice skating.

670px-Ice-Skate-Step-7Bullet2

Tips Sebelum Memasuki Arena Ice Skating:

1. Cobalah untuk berjalan dengan skate pinjaman di matras karet yang umumnya ada sebelum masuk ke arena ice skating, setidaknya ini dapat membantu untuk membiasakan diri untuk seimbang saat mengenakan skate dan nyaman saat bergerak menggunakannya. Jika kamu berjalan dengan kurang lancar, coba fokuskan matamu ke satu titik dan percaya pada tubuh untuk kembali seimbang. Mengingat ini merupakan bagian dari pembelajaran, mungkin agak lama, tapi nikmati saja.

670px-Ice-Skate-Step-3Bullet2

2. Cobalah berlatih untuk jatuh dan bangkit saat menggunakan ice skating di matras karet. Selain akan menumbuhkan kepercayaan diri karena bisa bangkit, hal ini juga dapat membantu untuk berkelit apabila terjatuh di arena ice skating, dengan mengatakan bahwa kamu sedang berlatih untuk berdiri dari posisi terlentang, hahaha.

Nyatanya, kita pasti akan jatuh, cepat atau lambat. Dan untuk meminimalisir kemungkinan cedera, kita perlu belajar apa yang harus dilakukan saat jatuh. Ada metode yang lumayan bagus terkait hal ini di salah satu web diatas, namun kelihatannyalebih baik diterjemahkan sendiri mengingat aku juga belum melakukannya dan khawatir ada terjemahan yang tersalahartikan:
a. Bend your knees and squat into dip position.
b. Fall to the side and lean a bit forward as you fall down.
c. Put your hands in your lap.
d. Turn over on your hands and knees.
e. Take one foot and place it between your hands. Then take the other foot and place it between your hands.
f. Push yourself up and you should be standing.

Oh iya, ada beberapa hal yang sebaiknya diingat saat jatuh di arena:
a. Cepatlah kepalkan tanganmu sebelum menyentuh es, jika tanganmu terbuka dan ada skaters pemula yang tidak sengaja melindas atau menabrak jari tanganmu kelihatannya hasilnya tidak akan bagus. Kemungkinan terburuk? Jari dapat putus. Yah, semoga tidak terjadi.
b. Gunakan tanganmu untuk meminimalisir dampak benturan dengan arena es, beberapa orang dengan refleks yang bags mungkin tidak akan kesulitan untuk melakukan hal ini. Setidaknya jatuhmu akan lebih aman.

Saat Memasuki Arena Ice Skating:

1. Masuklah ke dalam arena, dan rasakan bagaimana menggunakan ice skating diatas es. Salah satu kunci dalam ice skating adalah rileks dan teknik untuk berseluncur, sementara teknik dapat dipelajari kelak, cobalah tenang saat memasuki arena. Tiap skaters akan punya perasaan tersendiri saat masuk, ada yang akan takut jatuh, ada yang bersemangat, dan banyak perasaan lagi yang dapat ditimbulkan. Bagi yang agak penakut bisa memulai dengan berpegangan pada pegangan yang ada di sisi arena agar dapat membiasakan diri dengan ice skating, atau bagi yang bersemangat dapat dituntun oleh teman yang sudah lumayan ahli dalam skating, golongan lain bebas untuk menentukan apa yang ingin dilakukan saat masuk, tapi yang jelas mulailah dengan perlahan. Mungkin memang aneh pada awalnya karena belum terbiasa, tapi lakukanlah dengan perlahan dan nikmatilah. Bagi orang yang imajinatif dapat membayangkan dirinya sebagai binatang yang baru kembali kedalam habitatnya untuk membantu rileks dalam skating. Itu sekedar saran kok, kemarin saat aku membayangkan pinguin skating tidak berjalan dengan lancar. Aku lupa kalau pinguin yang sering kulihat itu meluncur dengan badannya, bukan kakinya -_-

670px-Ice-Skate-Step-4Bullet2

2. Belajarlah untuk menjaga keseimbangan saat bergerak perlahan, karena semakin cepat skating yang dilakukan, keseimbangan justru akan semakin mudah dijaga. Sama seperti bersepeda, saat bisa meluncur pelan dengan lancar, tidak perlu khawatir saat meluncur cepat. Bisa dimulai dengan merentangkan tangan, serta membungkukkan lutut dan mencondongkan badan sedikit kedepan. Badan yang tegak dan kaku hanya mempersulit skating. Dan cobalah untuk mulai lepas dan tidak berpegangan pada apapun.

670px-Ice-Skate-Step-5Bullet3

Oke, mungkin akan jatuh beberapa kali, jadi akan membantu jika latihan bangkit dari jatuh sudah dilakukan. Namanya juga belajar kan?

Sekedar tambahan, posisi squat akan sangat membantu jika digunakan untuk meluncur, coba lah.

3. Setelah dapat bergerak dengan seimbang, waktunya untuk melakukan skating dengan sedikit lebih cepat. Memang seharusnya ini akan lebih mudah untuk dilakukan jika langkah kedua sudah lancar, namun ada masalah lain yang umum terjadi bagi pemula yang ingin melaju dengan cepat di arena ice skating, yaitu toe-picking. Ini disebabkan saat sedang meluncur dengan cepat, skaters menggunakan ujung sepatu skate untuk meluncur, bukan pisau skatenya, akibatnya ada dorongan yang dapat mengacaukan keseimbangan.

670px-Ice-Skate-Step-6Bullet1

Pastikan saat meluncur ayunan kaki paralel dengan permukaan es dan jangan biarkan bagian depan sepatu skate menabrak es terlebih dahulu untuk meminimalisir hal ini.

4. Bergeraklah maju, ada beberapa cara untuk maju. Ada yang seolah berjalan dengan bertumpu pada kaki kanan, lalu pada kaki kiri dan seterusnya, sambil mendorong skate kearah luar kaki (seolah menyerok es ke kiri dan kanan). Ada juga yang maju seolah menggunakan skuter, mendorong ke belakang dengan salah satu kaki, lalu meluncur dengan kedua skate di kaki paralel agar kita maju lurus ke depan.

670px-Ice-Skate-Step-11Bullet1

Jika sudah ahli, mungkin meluncur dengan satu kaki dengan metode skuter dapat dilakukan seperti gambar dibawah, namun kalau belum berani ya sudah. Aku juga belum kok, hahaha.

670px-Ice-Skate-Step-11

5. Cobalah melakukan gliding, meluncur dengan kedua skate paralel seperti metode skuter pada langkah 4, cobalah biarkan temanmu mendorong badanmu untuk meluncur diatas es.

6. Belajarlah cars untuk berhenti, bengkokkan kaki ke dalam lalu dorong dengan satu atau kedua kaki.

670px-Ice-Skate-Step-12

7. Berlatihlah terus agar dapat membiasakan diri, atau jika mampu dan ingin mengikuti kursus yang ada juga dapat menjadi ide yang bagus jika harganya terjangkau. Karena adanya guru yang lebih berpengalaman dapat memberikan kita masukan apa yang perlu kita lakukan.

Selamat bersenang-senangšŸ˜€

5 pemikiran pada “Langkah dan Tips Belajar Ice Skating

  1. jatuh mulu -_____-

    badan sakit semuašŸ˜¦

  2. Terimakasih, sangat membantu bagi pemula

  3. Alhamdulillah .. aku lngsung bisa walaupun untk berhenti dan keseimbangan masih agak kurang , tapi kalau meluncur sudah bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s