Kadang Aku Bingung

Kadang aku bingung, apa yang menyebabkan negeri ini kacau balau?

Apakah karena orang-orang yang berkuasa lalai atau tidak tepat terhadap amanahnya? Sehingga hak-hak orang yang dipimpin tidak terpenuhi, beberapa tindakan diambil semena-mena, penyalahgunaan kekuasaan, protes rakyat tidak digubris. Menunggu waktu hingga semua wakil rakyat yang lalai dijebloskan ke bui, atau hingga seluruh orang yang mengawasi terpengaruh dan sibuk memperkaya diri, mungkin bukan ide yang bagus.

Apakah karena manusianya belum mengerti apa yang penting dan apa yang tidak? Semua yang ada di golongan kita benar, semua yang ada di golongan lain salah. Golongan lain tidaklah penting, kita yang akan berkuasa. Ayolah, di negeri dimana fanatisme terhadap suatu golongan lebih penting daripada keselamatan–atau bahkan nyawa–manusia, hal ini wajar bukan? Oh, aku menganggap ada hal yang aneh disini. Mungkin sebagian dari kita tahu bahwa banyak orang yang memilih golput karena sudah tidak percaya pada sistem atau wakil rakyat. Tapi selama 5 tahun aku memperhatikan politik akibat dari sebuah kasus, ada banyak kampanye atau metode untuk membuat rakyat tidak golput lagi. Tapi anehnya aku belum melihat ada metode atau diskusi bagaimana cara membuat sistem dan wakil rakyat lebih kredibel, atau dengan meminjam perkataan seorang kawan, “lebih becus kerjanya”. Meminimalisir pengaruh tapi tidak menyentuh inti masalah, setidaknya itu pendapatku. Aku berharap sudut pandang ini disebabkan aku kurang banyak berdiskusi.

Apakah karena orang-orang baik diam? Sehingga kejahatan merajalela, tidak ada yang dianggap pantas untuk menjadi panutan, tidak ada contoh bagaimana kita seharusnya bersikap, hingga pada satu titik orang-orang yang kecewa memilih abai dan melupakan, lari sejauh mungkin atau bersikap tidak peduli pada masalah. Sehingga tidak ada masalah yang dapat selesai.

Apakah karena kita bhinneka tunggal ika, mencoba mempersatukan hal-hal yang secara teoritis tidak dapat dipersatukan? Entah, beberapa orang kelihatannya berpikir begitu, tapi persatuan memang sulit terjadi jika pihak yang terlibat tidak bersedia untuk berkompromi bukan? Sehingga sampai saat ini pun meski banyak golongan meneriakkan bahwa kita adalah satu, tetap saja ada konfrontasi dalam tingkatan saling menghancurkan dengan golongan lain yang berbeda pendapat di bawah persatuan negara ini. Atau mereka anggap ini demi mempersatukan golongan-golongan yang ada dengan berlandaskan pendapat pribadi?

Apakah karena kita terlalu sibuk memikirkan diri, keluarga dan kerabat kita sendiri? Terlalu sibuk memikirkan orang yang dekat dengan kita, sehingga rela mengambil hak milik orang yang tidak kita kenal bagi mereka? Seolah itulah tujuan orang lain tercipta, agar haknya dapat diambil dan diberikan kepada orang-orang yang kita pedulikan.

Sebenarnya ini karena apa?

Entah, terlalu banyak pertanyaan yang tidak diketahui jawabannya. Andai estimasi fermi dapat digunakan untuk memprediksi tingkah laku irrasional manusia, mungkin semua akan berbeda sekarang. Yah, kita bisa menjadi lebih baik, tapi bisa juga dikendalikan oknum lain memang. Banyak hal yang mungkin terjadi.

Dan kadang aku bingung, bagaimana kita dapat mengetahui jawabnya. Bertanya pada rumput yang bergoyang? Menunggu pemegang risalah hadir dalam mimpi kita untuk bertanya semua hal yang kita risaukan? Atau memang hal ini tidak dimaksudkan untuk terjawab di alam dunia?

Entah lah, tapi tidak ada salahnya mencoba memperbaiki kekacauan yang terjadi kan?

Kelihatannya perlu minta petunjuk untuk saat ini, pilihan sudah mengerucut, semua opsi punya kebaikan dan keburukan, termasuk opsi golput yang masih lumayan menarik. Dan sekarang jadi penasaran, berapa banyak orang-orang yang meminta hatinya dimantapkan saat memilih pemimpin negara ya? Agak lucu bukan jika memilih pemimpin atau pendamping hidup dikonsultasikan sebaik mungkin tapi langkah memilih pemimpin negara yang mengatur berbagai aspek dalam hidup kita dilakukan secara asal-asalan?

Ah, lihat saat waktunya saja lah, terlepas dari mantap memilih yang mana, semoga yang terbaik untuk indonesia🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s