Apa yang Kuanggap Baik

Apa yang kuanggap baik. Apa yang kau anggap baik. Apa yang dia anghap baik. Apa yang mereka anggap baik. Samakah semua hal tersebut?

Tiap orang punya hal yang mereka anggap baik. Sebuah organisasi seperti partai politik, sebuah prestasi, sebuah keluarga, seorang sahabat atau pendamping yang dianggap sesuai, sebuah amalan, dan banyak lagi. Tiap orang punya standarnya tersendiri. Tapi jika kita melihat kebenaran dari sebuah konteks yang lain, benarkah apa yang kita anggap baik ini memang “baik”? Benarkah organisasi atau partai politik yang kita anggap baik itu memang baik? Benarkah sahabat atau pendamping yang kita anggap sesuai itu baik? Benarkah prestasi atau amalan yang kita lakukan itu baik?

Kadang aku heran dengan orang yang menganggap skeptis atau ragu itu adalah sebuah hal yang buruk. Entah, aku menganggap keraguan adalah upaya kita mencari informasi dari suatu hal yang kita ragukan kebaikannya, karena kita ingin percaya sepenuhnya bahwa hal itu memang baik. Terlepas dari apakah hasilnya ternyata buruk atau memang baik, setidaknya kita melakukan itu karena peduli terhadap hal tersebut kan? Lagipula, sulit untuk menemukan standar baik. Bagi muslim yang taat, umumnya kitab dan perkataan utusanNya lah yang dijadikan acuan, ada juga yang menilai dari apa yang terlihat, atau yang bertanya pada orang-orang berilmu dan/atau berpengalaman. Bagaimana kita mengetahui hal-hal yang tidak terlihat atau tidak pernah kita ketahui? Yah, setidaknya kita berusaha untuk mendekati kebenaran kan?

Entah kenapa pekan ini banyak renungan, hebat, bahkan aku sendiri agak sulit mengerti diriku dan pikiranku. Sedang berminat mengikuti sebuah lomba ilmiah, dimana hadiahnya merupakan sebuah hal yang kuanggap penting. Dan sekarang terpikir begini. Hahaha, terlalu banyak pikiran, salah satu alasan aku tidak terlalu sering ikut kompetisi. Tapi sekarang kelihatannya aku telah memutuskan untuk ikut, bukan karena hadiahnya, tapi karena kesempatan untuk mempublikasikan ideku, kesempatan untuk belajar lebih banyak, dan kesempatan untuk memberi manfaat, yang jika dilakukan dengan niat yang benar dapat membantu kelak di masa depan. Bismillaah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s