Puasa Asyura di Bulan Muharram

Baru saja mendapatkan informasi dari kawan terkait puasa pada tanggal 10 Bulan Muharram, puasa asyura. Dan teringat juga cerita seorang panutan bahwa kurang dari setahun sebelum Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam wafat, ada sahabat yang berkata pada beliau bahwa Kaum Yahudi pun berpuasa pada tanggal 10 Muharram, maka beliau pun mengatakan untuk turut berpuasa sehari sebelumnya (tanggal 9 Muharram) untuk membedakan kedua umat tersebut.

Berikut merupakan beberapa hadits yang disampaikan kawanku tersebut:

Dari Abi Hurairah r.a., Rasulullah SAW bersabda, “Lebih utamanya puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Allah Muharram …” (H.R. Muslim)

Dari Abi Qatadah, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, “Puasa hari Asyura, sesungguhnya aku mengharapkan pada Allah supaya menghapus (dosa) setahun sebelum puasa”. (H.R. Tirmidzi) (Shahih)

Abu Qatadah berkata “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).

Dari Ibn Abbas, dia berkata,”Rasulullah SAW memerintahkan puasa Asyura’ pada hari tanggal 10”. (H.R. Tirmidzi) (Shahih)

 

Dari Abdillah ibn Abbas r.a. dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Seandainya aku masih hidup sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada tanggal 9 Asyura’ ”. (H.R. Muslim)

 

Diriwayatkan dari Ibn Abbas, dia berkata, “Berpuasalah pada tanggal 9 dan 10 Muharram dan selisihilah orang Yahudi”. (H.R. Tirmidzi)

 
In syaa Allah 9 dan 10 Muharram 1436 H bertepatan dengan  2 dan 3 November 2014. Meskipun belum sempat puasa hari ini, esok masih ada kesempatan lah ya. Dan bagi yang ingin menambah puasa sunnah, dapat juga berpuasa tengah bulan pada tanggal 13-15 tiap bulan hijriyah, atau pada Muharram 1436H bertepatan dengan 6-8 November 2014🙂

Semoga puasanya berkah dan bermanfaat😀

3 pemikiran pada “Puasa Asyura di Bulan Muharram

  1. Kunjungan pertama dari si newbie:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s