Seimbang?

Pagi yang menyenangkan, salah satunya karena kabar dari kawanku yang baru saja mengabarkan aku dan kawan-kawanku tentang kabar kawanku yang lain, yang baru saja diumumkan lolos seleksi Indonesia Mengajar. Selamat bagi yang lolos seleksi juga.

Dan teringat pada kejadian beberapa waktu lalu, saat salah seorang kawan dari universitas pendidikan bercerita tentang sulitnya mendapat pekerjaan sebagai guru karena meningkatnya standar minimal pendidikan guru. Menjadi guru di lembaga bimbingan belajar juga sulit diharapkan, karena lembaga tersebut lebih suka menggunakan mahasiswa dari universitas atau institusi ternama, yang belum tentu berkecimpung di dunia pendidikan juga, sebagai bahan pemasarannya.

Dan teringat pada sektor lain dari Indonesia: Riset dan Teknologi. Sektor yang mungkin saat ini kekurangan sumber daya, jika kita lihat dari berapa jumlah profesor per 1000 penduduk di negeri ini, jika kita lihat berapa banyak sumber daya potensial yang memilih untuk langsung berkarir demi kesejahteraan hidup mereka. Bukan pilihan yang salah dalam konteks individu, namun jika terlalu banyak individu yang melakukan hal sama tentu ada potensi untuk menimbulkan masalah. Menurutmu, perlukah ada gerakan Indonesia Meriset?

Dan teringat pada pelajaran fisika dan kimia di tingkat satu dulu, bahwa sebuah sistem yang bereaksi akan mencapai kesetimbangan di suatu hari. Namun bagaimana jika keseimbangan yang selama ini ditunggu-tunggu ternyata timpang, condong pada beberapa sektor dan abai pada sisanya? Entah lah, mari berharap bahwa 69 tahun belum cukup untuk menyeimbangkan sistem ini.

Jadi sedikit berharap saat kuliah nanti insentif para periset ditingkatkan. Anyway, for now, the best possible option in this equilibrium might be to do the best in every way we have chosen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s