Menggurui dan Mengarahkan

Tadi habis isya nemenin junior ngunjungin rumah kepala DKM sebuah masjid untuk menyampaikan niatan bikin perpustakaan di masjid itu, biar kegiatan belajar di masjid itu lebih menarik. Yaa, aku sih lebih menganggap ini sebagai silaturahmi daripada urusan organisasi, toh silaturahmi juga mempermudah mengalirnya rezeki kan? Dan aku juga senang berbincang dengan orang ini, beliau enak buat diajak diskusi, dan tadi pun perbincangan yang terjadi keluar dari topik, seperti biasa, dari pembangunan ruang baca atau perpustakaan kecil, lanjut ke profil warga sekitar dan ujung-ujungnya tentang anak muda saat ini.

Awalnya kita berbicara soal pembangunan perpustakaan tersebut, barang-barang dari ruangan yang akan digunakan mau dipindah kemana, jenis rak buku yang ada, dan kapan buku-bukunya mau dipindahkan, lalu berlanjut ke evaluasi kegiatan belajar yang dilakukan oleh SKHOLE (ya, mungkin nanti perlu bikin tulisan sendiri untuk organisasi keren macam ini, haha) di daerah tersebut. Mengenai kenapa tiap kegiatan tidak banyak yang hadir, apa yang disukai anak-anak saat ini, faktor orangtua,pengaruh dkm dan rt/rw, dan beberapa hal lain. Pembicaraan pun terus berlanjut, dan kata-kata beliau yang paling ngena dari pembicaraan tadi adalah, “Saat ini anak-anak tidak suka digurui. Padahal tugas kami sebagai orangtua hanyalah mengarahkan.” Beliau bercerita mengenai sebuah organisasi kepemudaan sebagai contoh, tentang bagaimana anak-anak muda di organisasi tersebut membuat berbagai jenis proposal saat akan mengadakan acara untuk meminta dana, dan menyayangkan hal itu karena beliau berpendapat bahwa seharusnya organisasi dibentuk untuk memberi harapan bagi orang lain, bukan mengharapkan pemberian dari orang lain. Beliau sudah mencoba mengarahkan organisasi tersebut agar dapat mandiri secara finansial dengan bantuan dari rt/rw setempat, tapi sayangnya usaha beliau belum berhasil sampai sekarang karena apa yang beliau sampaikan hanya dikomentari oleh para anak muda, tapi belum ada yang dijalankan.

Jujur, kata-kata ini agak ngena ke aku. Soalnya aku memang bukan orang yang suka mendengarkan orang yang mengguruiku untuk melakukan sesuatu, aku lebih suka belajar dari pilihan yang kubuat, baik itu berhasil ataupun gagal. Aku kurang suka dengan orang yang mengatakan kamu seharusnya seperti ini dan seperti itu karena menurutku itu adalah pengalaman dari sudut pandang seseorang, dan apa yang berhasil bagi seseorang belum tentu akan berhasil padaku kan? Seminar terakhir yang kuikuti itu adalah SSDK (Seminar Sukses Di Kampus) yang poin-poinnya gak ada yang kujalankan sama sekali (terutama dalam poin mengatur waktu, dimana tugasku selalu deadline dan kadang bolos kuliah buat istirahat, nugas atau jalan-jalan), alhamdulillahnya prestasi akademikku masih lumayan, hahaha. Aku tidak punya masalah dengan seminar yang isinya informasi, seperti seminar tentang beasiswa dan semacamnya, tapi kalau seminar itu sudah terkait dengan bagaimana menjalankan hidup, mengatur diri dan lain semacamnya, aku gak bakal semangat buat ikut. Mungkin akan beda kalau fakta yang disampaikan terbukti secara statistik, tapi sayangnya kurang banyak seminar yang menyampaikan data seperti itu, dan karena itu aku sebagai peserta wajar dong untuk ragu yang disampaikan ini bener atau nggak.

Entah kenapa kata “menggurui” itu terdengar lebih seperti mendikte, dan kedengarannya menyebalkan. Sementara kata “mengarahkan” kalau konteksnya salah mungkin bisa mirip dengan kata menjerumuskan artinya, tapi tergantung juga sih, menjerumuskan ke hal yang baik gak bisa dibilang salah kan? Setidaknya selama definisi “baik” masih belum berubah, harusnya itu bukan masalah. Tapi yang jelas aku senang dengan kebebasan, meski tetap sadar kalau ada tanggungjawab, dan tidak terlalu suka kebebasanku diikat pada batasan-batasan dari pendapat orang yang tidak diketahui benar atau tidaknya.

Mungkin itu salah satu alasan kenapa aku tidak terlalu tertarik pada motivator, seminar sukses, atau apapun yang menurutku menyampaikan pendapat atau memotivasi tanpa mengetahui kondisi, bahkan dalam kasus motivator kadang ada juga teman yang nyeletuk “Hidup ini gak segampang cocotnya *piiiip* (nama seorang motivator)”. Well, gimanapun juga sang motivator gak bisa disalahkan sih, toh memang kerjaan dia cuma memberikan motivasi, termotivasi apa nggak ya tergantung pribadi sendiri lah. Tapi kalau dipikir, kalau ada orang yang menjadikan motivator sebagai pekerjaannya, apakah ini pertanda bahwa tidak banyak masyarakat yang punya motivasi untuk melakukan suatu hal? Hm, mungkin ada baiknya tiap orang juga belajar memotivasi diri sendiri ya 🙂 *OOT*

Dan setelah dipikir lagi mungkin ada benarnya, kadang kita terlalu abai. Entah karena kita tidak suka digurui, tidak suka kehidupannya didikte orang lain, atau sekedar karena tidak peduli (kalau yang ini mungkin cuma aku sih, haha). Dan mungkin ada benarnya juga kalau generasi sekarang lebih cerdas dari generasi masa lalu, toh banyak dosen yang cerita jaman dulu ip itu susah banget dapat bagus, sementara sekarang jauh lebih gampang kayaknya. Tapi bagaimanapun juga, mungkin meluangkan waktu untuk mendengarkan pendapat orang lain seperti ini ada baiknya, karena meskipun mungkin kita memang lebih pintar, apa salahnya mendengarkan pendapat orang yang lebih bijak dan berpengalaman? 🙂

Tapi kalau orangnya kurang bijak dan kurang berpengalaman, dan ada yang menganggap tidak masalah mendengarkannya sebagai masukan pandangan, ya tidak masalah, toh itu pilihan, dan aku lebih memilih abai. Bukan kenapa-napa, somehow untuk hal-hal yang tidak menarik minatku dan bukan fakta statistik, i just simply don’t care 🙂

Kumpulan kata-kata bijak

Jadi orang penting itu baik, tapi jadi orang baik itu lebih penting… 🙂
Ini adalah kumpulan kata-kata bijak yang saya temukan di internet.
Semoga bermanfaat bagi kita semua… 🙂

Penyesalan terbesar dalam hidup dimulai dari awal yang salah
9 NAGA (Movie)

MONEY IS A FUCKIN’ FETISH…
CHE GUEVARA

1 hari bisa menentukan hidup.
1 hari bisa menghancurkan hidup.
dan hidup hanya 4 atau 5 hari bisa mengubah segalanya.
Riding in cars with boys

Jika kau cinta, maka jangan terlalu mencintai. Karena kelak kau akan membenci.
Jika kau benci, maka jangan terlalu membenci. Karena kelak kau kan mencintai.
Lorong Waktu

Jika kamu tidak sanggup untuk mendekati yang wajib, menjauhi yang haram..
maka bagaimana jika mencoba untuk mendekati yang sunah menjauhi yang makruh.
2FuN

Keberuntungan ialah bertemunya persiapan dengan kesempatan.
Adrian Brody

Orang Yang Selalu Mendekatkan diri Pada Tuhan, Tidak Akan Mudah Merasa Hidupnya Tertekan.
Aa Gym

Orang yang tidak banyak membaca.. pasti tidak banyak tahu,
Orang yang tidak banyak tahu.. sangat dekat dengan kebodohan,
Dan kebodohan akan sangat dekat dengan kemiskinan.
Helmy Yahya

Merenung untuk satu menit, dapat menyelamatkan hidupmu untuk satu hari.
Taufan Prakoso

KAMU BUKAN GAGAL, TAPI KAMU SEDANG BELAJAR.
The TUXEDO (Movie)

Hidup adalah “pilihan”, segeralah tentukan “pilihanmu” atau “pilihan” akan menentukan hidupmu.
Nicholas Cage – Death Racer (Movie)

Perasaan terpendam tidak pernah mati.
Mereka terkubur hidup – hidup dan muncul belakangan dengan cara – cara yang lebih buruk.
7 Habbits Of Effectively Teenager

Kamu harus mengeluarkan isi hatimu, kalo tidak, mereka akan menggerogoti hatimu.
7 Habbits Of Effectively Teenager

Cinta datang bukan karena ketekunan. tapi.. cinta datang karena kecocokan.
Kahlil Gibran.

Agama itu mudah, maka jangan kau persulit agama itu..
Aa Gym

Lebih baik di benci tapi menjadi diri sendiri, daripada di suka tapi menjadi orang lain.
Shanty

Kekalahan bisa juga berdampak baik bila di terima dengan benar.
Aku mendapat pelajaran berharga disini,
dan “ia” telah membuat kami lebih kuat dan bersatu.
Dominico Morfeo (Inter Milan’s midfielder 2003)

Kepribadian, warisan & pendidikan adalah bagian dari keberhasilan,
tapi ada 1 hal yang lebih penting dari semua itu, yaitu Kemampuan berpikir.
Kuasai seluruh hidupmu.
Berpikirlah lebih cepat, lebih tepat dan lebih mampu merasakan sesuatu dibanding orang-orang di sekitar.
Dalam analisa terakhir, keahlian mental lah yang memiliki peran penting dalam sebagian besar pekerjaan.
Thomas Finley – Konsultan Manajemen

Sebagian penelitian ilmiah melaporkan bahwa secara umum orang – orang hanya memanfaatkan kurang lebih 10 % dari kekuatan otak mereka, bahkan saat mereka berpikir paling berat.
Buku: “Super brain power”

Sahabat Sejati tidak akan Pernah meNgharapkan apapun.
2FuN

Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar.
Nabi Muhammad SAW

Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang berakhlak paling mulia.
Nabi Muhammad SAW

Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar.
Khalifah ‘Umar

Setiap orang di dunia ini adalah seorang tamu, dan uangnya adalah pinjaman. Tamu itu pastilah akan pergi, cepat atau lambat, dan pinjaman itu haruslah dikembalikan.
Ibnu Mas’ud

Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.
Khalifah ‘Ali

Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk.
Imam An Nawawi

Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar.
Khalifah ‘Umar

Pengetahuan tidaklah cukup; kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup; kita harus melakukannya.
Johann Wolfgang von Goethe

Pencegahan lebih baik daripada pengobatan.
Johann Wolfgang von Goethe

Kearifan ditemukan hanya dalam kebenaran.
Johann Wolfgang von Goethe

Ilmu pengetahuan tanpa agama adalah pincang.
Einstein

Perdamaian tidak dapat dijaga dengan kekuatan. Hal itu hanya dapat diraih dengan pengertian.
Einstein

Agama sejati adalah hidup yang sesungguhnya; hidup dengan seluruh jiwa seseorang, dengan seluruh kebaikan dan kebajikan seseorang.
Einstein

Dua hal yang membangkitkan ketakjuban saya – langit bertaburkan bintang di atas dan alam semesta yang penuh hikmah di dalamnya.
Einstein

Apa yang saya saksikan di Alam adalah sebuah tatanan agung yang tidak dapat kita pahami dengan sangat tidak menyeluruh, dan hal itu sudah semestinya menjadikan seseorang yang senantiasa berpikir dilingkupi perasaan “rendah hati.”
Einstein

Sungguh sedikit mereka yang melihat dengan mata mereka sendiri dan merasakan dengan hati mereka sendiri.
Einstein

Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna.
Einstein

Tidak semua yang dapat menghitung dapat dihitung, dan tidak semua yang dapat dihitung dapat menghitung.
Einstein

Wise Quotes in English

Don’t waste the TIME. or TIME will waste you Matthew Bellamy

“Cheerfulness and contentment are great beautifiers and are famous preservers of youthful looks” Charles Dickens

“Here’s a difference between beauty and charm. A beautiful woman is one I notice. A charming woman is one who notices me.” John Erskine

“If you would be loved, love and be lovable.” Benjamin Franklin

“Better to have loved and lost, than to have never loved at all.” Alfred Loyd Tennyson

RESPECT YOUR LIVE,‘CAUSE LIVE IS FOR LIVING. COLDPLAY

“Accept the things to which fate binds you, and love the people with whom fate brings you together, but do so with all your heart.” Marcus Aelius Aurelius

“Baseball is a game where a curve is an optical illusion, a screwball can be a pitch or a person, stealing is legal and you can spit anywhere you like except in the umpire’s eye or on the ball.” jim Murray

“Birthdays are good for you. Statistics show that the people who have the most live the longest.” Larry Lorenzoni

“If you would persuade, you must appeal to interest rather than intellect.” Benjamin Franklin

“A politician is an animal which can sit on a fence and yet keep both ears to the ground.” Henry Louis Mencken

“The price of freedom is eternal vigilance” Thomas Jefferson

“To give thanks in solitude is enough. Thanksgiving has wings and goes where it must go. Your prayer knows much more about it than you do.” Victor Hugo

“You can tell the size of your God by looking at the size of your worry list. The longer your list, the smaller your God.” Unknown

“I know that the Lord is always on the side of the right. But it is my constant anxiety and prayer that I and this nation should be on the Lord’s side.” Abraham Lincoln

“We can often endure an extra pound of pain far more easily than we can suffer the withdrawal of an ounce of accustomed pleasure.” Sydney J Harris

“I’m at the age where food has taken the place of sex in my life. In fact, I’ve just had a mirror put over my kitchen table.” Rodney Dangerfield

“When one door of happiness closes, another opens; but often we look so long at the closed door that we do not see the one which has opened for us.” Helen Keller

“There is only one way to happiness and that is to cease worrying about things which are beyond the power of our will.” Epictetus

“If you want happiness for an hour — take a nap. If you want happiness for a day — go fishing. If you want happiness for a month — get married. If you want happiness for a year — inherit a fortune. If you want happiness for a lifetime — help someone else.” Chinese Proverb

“Hypocrite: The man who murdered his parents, and then pleaded for mercy on the grounds that he was an orphan.” Abraham Lincoln

“Hatred is like fire; it makes even light rubbish deadly.” George Eliot

“To those who despair of everything, reason cannot provide a faith, but only passion, and in this case it must be the same passion that lay at the root of the despair, namely humiliation and hatred.” Albert Camus

“What is the meaning of human life, or of organic life altogether? To answer this question at all implies a religion. Is there any sense then, you ask, in putting it? I answer, the man who regards his own life and that of his fellow creatures as meaningless is not merely unfortunate but almost disqualified for life.” Albert Einstein

“O, Divine Master, Grant that I may not so much seek to be consoled, as to console; To be understood as to understand; To be loved as to love; For it is in giving that we receive; It is in pardoning that we are pardoned; And it is in dying to ourselves that we are born to eternal life. Amen” Saint Augustine

“Government is not reason, it is not eloquence, it is force; like fire, a troublesome servant and a fearful master. Never for a moment should it be left to irresponsible action.” George Washington

“In framing a government which is to be administered by men over men the great difficulty lies in this: You must first enable the government to control the governed, and in the next place, oblige it to control itself.” Alexander Hamilton

“He who has a thousand friends Has not a friend to spare, While he who has one enemy Shall meet him everywhere.” Ralph Waldo Emerson

“A friend is someone who knows the song in your heart and sings it back to you when you have forgotten how it goes.” Unknown

“In poverty and other misfortunes of life, true friends are a sure refuge. The young they keep out of mischief; to the old they are a comfort and aid in their weakness, and those in the prime of life they incite to noble deeds.” Aristotle

“I’d rather be a could-be if I cannot be an are; because a could-be is a maybe who is reaching for a star. I’d rather be a has-been than a might-have-been, by far; for a might have-been has never been, but a has was once an are.” Milton Berle

“A fool gives full vent to his anger, but a wise man keeps himself under control.” Proverbs 29:11

“The best way to cheer yourself up is to try to cheer somebody else up.” Mark Twain

“When we were children we were grateful to those who filled our stockings at Christmas time. Why are we not grateful to God for filling our stockings with legs?” G K Chesterton

“The purpose of life is not to be happy. It is to be useful, to be honorable, to be compassionate, to have it make some difference that you have lived and lived well.” Ralph Waldo Emerson

“I count him braver who overcomes his desires than him who conquers his enemies, for the hardest victory is over self.” Aristotle

“If you do not wish to be prone to anger, do not feed the habit; give it nothing which may tend to its increase.” Epictetus

“If you would be loved, love and be lovable.” Benjamin Franklin

“Ships that pass in the night, and speak each other in passing, Only a signal shown, and a distant voice in the darkness; So on the ocean of life, we pass and speak one another, Only a look and a voice, then darkness again and a silence.” Henry Wordsworth Longfellow

“The whole conviction of my life now rests upon the belief that loneliness, far from being a rare and curious phenomenon, peculiar to myself and to a few other solitary men, is the central and inevitable fact of human existence.” Thomas Wolfe

“Fun is a good thing but only when it spoils nothing better.” George Santayana

“A good laugh and a long sleep are the best cures in the doctor’s book.” Irish Proverb

“He has all the virtues I dislike and none of the vices I admire.” Winston Churchill

“Friendship often ends in love; but love in friendship – never.” Albert Camus

“I am thankful for laughter, except when milk comes out of my nose.” Woody Allen

“An inexhaustible good nature is one of the most precious gifts of heaven, spreading itself like oil over the troubled sea of thought, and keeping the mind smooth and equable in the roughest weather.” Washington Irving

“My wife has a slight impediment in her speech. Every now and then she stops to breathe.” Jimmy Durante

Kenapa Bukan Saya?

Sebuah salinan yang saya ambil dari catatan teman saya, yang dikirimkan ibu teman saya. Thanks a lot to Andito Cahyo Laksono. Semoga bermanfaat agar kita selalu optimis pada Tuhan…

Kenapa Bukan Saya? Kekecewaan yang berubah menjadi ucapan syukur

Semua dimulai dari impianku. Aku ingin menjadi Astronot. Aku ingin terbang ke luar angkasa.Tetapi aku tidak memiliki sesuatu yang tepat.

Aku tidak memiliki gelar. Dan aku bukan seorang Pilot. Namun, sesuatu pun terjadilah.

Gedung Putih mengumumkan mencari warga biasa untuk ikut dalam penerbangan 51-L pesawat ulang-alik Challanger. Dan warga itu adalah seorang guru. Aku warga biasa, dan aku seorang guru. Hari itu juga aku mengirimkan surat lamaran ke Washington . Tiap hari aku berlari ke kotak pos.

Akhirnya datanglah amplop resmi berlogo NASA. Doaku terkabul. Aku lolos penyisihan pertama. Ini benar-benar terjadi padaku.

Selama beberapa minggu berikut, perwujudan impianku semakin dekat saat NASA mengadakan test fisik dan mental. Begitu test selesai , aku menunggu dan berdoa lagi. Aku tahu aku semakin dekat pada impianku. Beberapa waktu kemudian, aku menerima panggilan untuk mengikuti program latihan astronot khusus di Kennedy Space Center .

Dari 43.000 pelamar, kemudian 10.000 orang, dan kini aku menjadi bagian dari 100 orang yang berkumpul untuk penilaian akhir. Ada simulator, uji klaustrofobi, latihan ketangkasan, percobaan mabuk udara. Siapakah di antara kami yang bisa melewati ujian akhir ini ?

“Tuhan, biarlah diriku yang terpilih”, begitu aku berdoa.

Lalu tibalah berita yang menghancurkan itu. NASA memilih Christina McAufliffe. Aku kalah. Impian hidupku hancur. Aku mengalami depresi. Rasa percaya diriku lenyap, dan amarah menggantikan kebahagiaanku. Aku mempertanyakan
semuanya.

“Kenapa Tuhan? Kenapa bukan aku? Bagian diriku yang mana yang kurang? Mengapa aku diperlakukan kejam?”

Aku berpaling pada Ayahku. Katanya “Semua terjadi karena suatu alasan.”

Selasa, 28 Januari 1986, aku berkumpul bersama teman-teman untuk melihat peluncuran Challanger. Saat pesawat itu melewati menara landasan pacu, aku menantang impianku untuk terakhir kali. TUHAN, Sebenarnya Aku bersedia melakukan apa saja agar berada di dalam pesawat itu. Kenapa bukan Aku?

Tujuh puluh tiga detik kemudian, Tuhan menjawab semua pertanyaanku dan menghapus semua keraguanku saat Challanger meledak, dan menewaskan semua penumpang.

Aku teringat kata-kata AYAH_ku,”Semua terjadi karena suatu alasan.” Aku tidak terpilih dalam penerbangan itu, walaupun Aku sangat menginginkannya karena TUHAN memiliki alasan lain untuk kehadiranku di bumi ini. Aku memiliki misi lain dalam hidup. Aku tidak kalah; aku seorang pemenang.

Aku menang karena Aku telah kalah. Aku, Frank Slazak, masih hidup untuk bersyukur pada Tuhan karena tidak semua doaku dikabulkan.

Ternyata, TUHAN mengabulkan doa kita dengan 3 cara :
1. Apabila TUHAN mengatakan YA; maka kita akan MENDAPATKAN APA YANG KITA MINTA,
2. Apabila TUHAN mengatakan TIDAK; maka kita akan mendapatkan yang LEBIH BAIK,
3. Apabila TUHAN mengatakan TUNGGU; maka kita akan mendapatkan yang TERBAIK sesuai dengan kehendak- NYA,
TUHAN tidak pernah terlambat, DIA juga tidak tergesa-gesa, namun DIA selalu tepat waktu….!!!